Sendangdawuhan - Ikhtiar Menuju Peternak Sukses

Ikhtiar Menuju Peternak Sukses

Namanya 78 farm indonesia , tempatnya di kota Yogyakarta tepatnya di daerah Sleman.Tidak dijelaskan maksud dari pemilihan nama 78 farm itu. mungkin terinspirasi dari kesuksesan merk dagang rokok Djarum 76 .rokok kretek yang pernah jadi legenda . Setelah angka 7 diikuti angka 8 bisa jadi agar semakin bertambah maju dan sukses bukan malah mundur atau mungkin juga angka 78 itu diambil dari angka tahun kelahirannya.

Namanya Bayu , masih muda dan energik pemilik dari peternakan kambing yang jumlah ternaknya sekarang sudah mencapai ratusan dan luas lahan ternaknya 9 hektar sebuah luas yang setara 9 kali ukuran lapangan sepakbola standar internasional.

    

Awalnya juga tidak sebanyak itu jumlah ternaknya pun tidak seluas itu lahan peternakannya.Awalnya sama saja dengan peternak peternak kambing pada umumnya.

  

Ia sudah sembilan tahun berjuang hidup di dunia peternakan ,tidak mudah jatuh bangun ia alami.Pernah mengalami kerugian besar juga tiba tiba satu waktu ternaknya mati sejumlah 40 ekor pun juga pernah untung besar semua indukan ternaknya beranak 3 sampai empat ekor dalam satu waktu.Dari pengalaman itu ia banyak belajar ,pengalaman memang guru yang tiada duanya .Menurutnya ada beberapa berbagai persoalan yang akan dihadapi oleh peternak mulai dari sulitnya menydiakan pakan ternak baik dari segi jumlah maupun kualitasnya Soal penyakit hewan ternak ,pemilharaan hewan ternak maupun soal harga ternak yang rendah.Namun kendala yang  utama menurutnya adalah soal pola pikir atau mindset peternak .Pola pikir peternak selama ini masih menganggap ternak adalah pekerjaan sampingan .Selama pola pikir itu tidak berubah maka peternakan juga tidak akan mengubah apa apa.

      

Hari ini hari tanggal 13 September 2023 Para peternak dari Kelompok ternak kambing Manunggal Mulyo  Desa sendangdawuhan Kecamatan Rowosari kabupaten dengan  difasilitasi oleh pemerintah Desa Sendangdawuhan melaksanakan studi banding pelatihan peternakan Kambing di 78 farm Indonesia  Jogya karta.Tujuannya agar mereka belajar dan mendapatkan ilmu untuk mengembangkan usaha ternaknya.

Tidak keliru mereka bisa belajar dari pak Bayu di farm 78 ini .Ia sangat menguasai soal dunia peternakan mampu menjelaskan hambatan hambatan dan menyampaikan solusinya .

Pelatihan diawali dan dibuka oleh Bapak Waryono Kepala Desa Sendangdawuhan dilanjutkan sambutan oleh ketua Kelompok Ternak manunggal mulyo desa Sendangdawuhan dan diisi materi dan diskusi oleh Pak Bayu dari 78 farm Yogya .

Para peserta nampak antusias dan gembira selama mengikuti jalannya pelatihan .Acara berakhir sampai pada puku 4 sore di akhiri dengan sesi foto bersama.

Bagi pemerintah Desa, desa sangat bersyukur atas terlaksananya dan lancarnya kegiatan ini .salah satu fungsi dari desa adalah sebagai  fasilitator dari semua elemen warganya .Menfasilitasi agar warganya bisa berkembang dan mengembangkan diri ,maju sejahtera .Maju desanya bahagia warganya.

semoga Kelompak Ternak  manunggal mulya semakin jaya kedepannya.Wassalam


Dipost : 14 September 2023 | Dilihat : 409

Share :

s